YM agunk !

Perpustakaan “NGUDI KAWERUH”


PERPUSTAKAAN “NGUDI KAWERUH” di SDN kami…….

Keberadaan dan ketersediaan buku-buku sebagai salah satu jenis Pusat Sumber belajar (PSB) atau pustaka di segala bidang dan lembaga sangatlah vital. Hal tersebut berkaitan dengan fungsi dari sebuah buku yaitu sebagai sarana informasi yang memuat berbagai hal, keterangan, petunjuk dan sebagainya yang diperlukan dalam bidang tertentu.

Di samping itu juga hobi membaca serta mengungkapkan apresiasi cerita, fiksi, novel, roman cerpen, sinopsis, cergam dan sebagainya sangat diperlukan.

Dengan demikian kegiatan sehari-hari nampaknya manusia atau siswa tidak dapat terlepas akan adanya buku sebagai sarana informasi hiburan.

Sejarah Berdirinya Perpustakaan “ Ngudi Kaweruh “ SDN 2 Krangean

Sebagai saran yang vital dalam proses belajar mengajar PSB (Perpustakaan) sekolah sangat diperlukan keberadaaannya. Namun banyak pengelolaan dan pelayanannya di sini memang membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak agar segala jenis pustaka yang benar-benar bermanfaat sebagai PSB(Perpustakaan). Hal ini yang menjadi tantangan sekolah untuk mampu atau tidak mengupayakan sirkulasi sebuah PSB (Perpustakaan).

Demikian yang terjadi di SDN 2 Krangean, UTP Dinas Pendidikan Kecamatan Kertanegara. Walaupun sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1977 / 1978 namun usaha perintisannya adanya perpustakaan baru dimulai sejak tahun 2008. Usaha ini berhubungan dengan mulainya sekolah ini menerima droping buku-buku proyek pengadaan buku bacaan untuk sekolah dasar yang dikirim setiap tahunnya.

Namun hal itupun belumlah dapat disebut pelayanaan PSB (Perpustakaan), mengingat kegiatannya baru sebatas menghimpun dan meminjam buku-buku secara alamiah tanpa didukung dengan sistem pengadministrasian dan pelayanan yang tertib dan permasalahan yang timbul selanjutnya.

Sehingga walaupun beberapa tahun kemudian upaya peningkatan pengelolaan dan pelayanan dilakukan namun belum dapat berhasil maksimal.

Advertisement

1 komentar:

  1. udah saya link bloge, eh link juga punyaku SDN 2 Cendana dengan alamat www.bogoan.blogspot.com pada mejeng kuwe fotone maen temen

    BalasHapus

 
Top